waralabausaha.com

Cara Masak Fried Chicken

Untuk membuat atau mengolah fried chicken caranya sangat mudah sekali, yang paling penting atau paling utama adalah menggunakan bumbu perendam dan bumbu tepung yang berkwalitas. Dengan mengunakan bumbu yang berkwalitas, maka akan menghasilkan masakan fried chicken / ayam gorang crispy yang enak dan tepung akan terasa gurih serta tidak keras.

friedchickenSelain itu juga diperlukan cara pengolahan fried chicken yang benar, seperti cara mencampur marinasi dengan ayam yang direndam cukup lama, agar bumbu marinasi dapat meresap dengan maksimal kedalam daging ayam. Setelah merendam ayam dengan marinasi, maka selanjutnya ayam dicampur dengan tepung terigu yang sudah di campur dengan bumbu biang. Penepungan ayam sebelum dimasak menggunakan tepung basah dan tepung kering. Ini adalah langkah paling penting agar nantinya tepung tidak keras dan bantat.

Proses terakhir adalah proses penggorengan ayam yang sudah dilumuri tepung yang berbumbu, ini merupakan langkah penting yang harus diperhatikan juga. Panas minyak goreng harus terus diperhatikan, jangan sampai minyak goreng terlalu panas atau kurang panas, jika kurang panas maka proses penggorengan akan lama, dan tepung tidak gurih. Sebaliknya jika minyak goreng terlalu panas maka tepung akan gosong, sedangkan ayam masih mentah.

Berikut cara mengolah ayam goreng fried chicken:

1. Potong ayam sesuai ukuran yang diinginkan.

2. Cuci ayam yang sudah dipotong tadi menggunakan air mengalir sampai semua darah yang masih menempel hilang semua dari daging ayam.

3. Masukkan potongan ayam kedalam baskom atau wadah, lalu lumuri semua bagian daging ayam dengan bumbu perendam yang berwarna merah / bumbu marinasi.

4. Masukkan semua daging ayam yang sudah dilumuri bumbu marinasi kedalam plastik, lalu diikat rapat dan tidak ada udara didalam plastik.

5. Masukkan ayam yang sudah dibungkus plastik kedalam lemari es selama minimal 4 jam, semakin lama akan semakin baik, agar bumbu marinasi meresap kedalam daging ayam. Jika disimpan cukup lama, maka ayam bisa dimasukkan ke dalam freezer.

6. Setelah 4 jam, keluarkan ayam dari bungkus plastik dan jika membeku di cairkan dahulu.

7. Campur bumbu biang dan tepung terigu hingga tercampur merata, gunakan tepung terigu yang kwalitas cukup bagus, agar hasil gorengan gurih dan tidak keras.

8. Ambil sedikit tepung yang sudah dicampur tepung biang tadi dan masukkan kedalam wadah dan beri sedikit air, ini untuk tepung basahnya.

9. Sisa tepung yang kering dimasukkan kedalam wadah lain, ini tepung keringnya.

10. Masukkan ayam kedalam tepung basah, dilumuri sambil ditekan perlahan agar tepung basah masuk kedalam daging.

11. Lalu masukkan ayam yang sudah dilumuri tepung basah kedalam wadah yang ada tepung keringnya, campur ayam tadi dengan tepung kering secara perlahan tanpa menekan ayam selama kurang lebih 15 kali putaran. Ini adalah proses paling penting agar nantinya tepung tidak keras dan bantat. Aduk tepung kering dengan ayam dengan cara masukkan tangan kedasar wadah tepung dan diangkat keatas perlahan dan jangan sampai menekan ayam. Lakukan secara berulang-ulang kurang lebih 15 kali putaran.

12. Panaskan minyak goreng hingga cukup panas, jangan sampai kurang panas atau terlalu panas.

13. Masukkan ayam yang sudah di tepungin kedalam minyak goreng yang sudah panas, sebelumnya ayam digoyang agar tepung yang tidak menempel di daging ayam terlepas, jadi minyak goreng tidak mudah kotor.

14. Masak ayam kurang lebih selama 20 menit, perhatikan panas dari minyak goreng agar tidak terlalu panas dan kurang panasnya.

Demikian cara singkat mengolah fried chicken agar bisa menghasilkan fried chicken yang enak dan gurih, sehingga jualan fried chicken anda bisa diminati banyak orang. Jika belum berhasil ulangi terus sampai anda mahir, karena memang mengolah fried chicken tidaklah mudah. Jika dipelajari terus maka anda akan terbiasa dan mahir dalam mengolah ayam crispy ini. Semoga anda berhasil menjadi pengusaha fried chicken / ayam goreng crispy yang laris.

Keranjang>>